Minggu, 14 November 2010

Etika Berbisnis Online di Facebook

Semenjak boomingnya kembali peluang Berbisnis di Internet, banyak anak remaja hingga professional muda yang mulai melirik dan mencari cara untuk memulai Bisnis di Internet.

Dan Facebook menjadi salah satu alternatif untuk menghasilkan uang di Internet oleh banyak orang. Mulai dari Promosi link Affiliate sampai menawarkan barang Dagangan yang Real Product atau Jasa.

Tetapi hampir setiap Owner Online Shop di Facebook tidak memahami dan menyadari adanya Etika Berbisnis Online di Facebook dan secara tidak langsung mereka sudah menganggu kenyamanan Privacy setiap Friends List yang bergabung didalamnya.

Dalam artikel ini, saya tidak akan membahas tentang Bagaimana Cara Memulai Berbisnis di Facebook, melainkan saya akan membahas tentang Etika Berbisnis Online di Facebook. Selain Bisnis Konvensional (Offline), Etika Berbisnis juga harus diterapkan dalam Bisnis di Internet (Bisnis Online) karena Bisnis adalah Bisnis dan Bisnis mempunyai aturan dan tata krama (etika).

Ada 3 Etika Berbisnis Online di Facebook yang berfungsi untuk meningkatkan Branding dan Penjualan, yaitu:

Etika Pertama dan Terpenting,
Jangan pernah melakukan Tag Photo kepada Friend List kita tanpa ijin, karena kita tidak tahu apakah mereka terganggu atau tidak. Ibarat kita datang kerumah orang dan langsung masuk ke dalam rumahnya.

Etika Kedua,
Jangan pernah merubah Nomor Telp Pemesanan yang sudah kita cantumkan dalam Facebook. Kalau pun hilang, segera beritahu kepada mereka tentang Kehilangan dan Perubahan Nomor maximal 1×24 jam.

Etika Ketiga,
Tanya dan Jawab. Kesalahan Owner Online Shop adalah jarang memberikan Response kepada Friends yang bertanya. Jika mereka bertanya di Wall, balas di Wall. Kalau mereka bertanya di FBM (Facebook Message) balas di FBM (Facebook Message) paling lambat 1×24 jam sekali pun pertanyaan itu tidak penting!. Berikan Response terbaik kita sebagai Owner Online Shop.

Lho?! Saya kurang setuju dengan Etika Pertama. Kalau tidak melakukan Tag Photo, bagaimana mereka bisa tau kalau kita ada barang dagangan baru atau promosi?.

Kelebihan Facebook adalah menyediakan Update Wall Post (Status), menyediakan kelebihan Link pada Status, menyediakan Facebook Page, dan menyediakan Fasilitas Facebook Message yang bisa dikirim ke beberapa orang sekaligus serta Facebook menyediakan Top News. Kita dapat memanfaatkan Update Status dan Link. Sebagai contoh:

“Bro & Sis, kita baru saja upload product baru yang bisa dilihat pada album [Link Kita]. Jangan lupa dilihat ya, bagus-bagus dan murah lho…”.

Dengan begitu, setiap yang sudah bergabung menjadi Friends List Online Shop kita, pasti akan melihat dan apabila mereka tertarik dengan product jual/jasa kita, otomatis mereka pasti akan memberikan Komentar pada photo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar